UPGRADE POWER JUPITER MX SAMPAI 17 DK !!!!
Untuk pembesut Yamaha Jupiter MX yang dalam waktu
dekat berencana meng-upgrade performanya, simak deh baik-baik ulasan
berikut. Terutama yang berniat mengaplikasi paket bore-up-nya yang
belakangan banyak beredar.
Begitu pula bagi yang sudah menerapkannya, tapi
belum menemukan settingan pas. Sehingga performa tak sesuai yang
diharapkan. Sebab beberapa bengkel top di Jakarta yang beberapa kali
menangani bore-up MX mau kasih bocoran soal settingan yang pernah mereka
terapkan.
Nah, ada beberapa pilihan bore-up yang bisa
didiaplikasi buat motor ini. “Mulai piston standar V-Ixion (57 mm), 58
mm, 60 mm, 61 mm dan 62 mm. Tapi kalau buat harian, maksimal pakai 60 mm
saja atau cukup 58 mm,” bilang Teddy Cong, punggawa PT Globar Motorindo
(GM) di kawasan Galur, Cempaka Putih, Jakpus.
Kalo pilihannya pembesaran kapasitas kayak V-Ixion
(149,8 cc), ”Bisa aplikasi blok silinder V-Ixion berikut piston
orisinalnya,” tukas Ari Setiawan alias Kurok, mantan mekanik racing AHRS
yang hijrah ke GM.
Pada pilihan ini, kata Kurok karburator standar
masih cukup mumpuni digunakan. “Namun perlu rejetting. Main jet dan
pilot jet dinaikkan 1 step. Tapi sebelumnya, saluran masuk dan buang
sebaiknya di-porting dulu untuk mengimbangi volume silinder yang
bertambah,” terangnya.
Lalu saluran gas buang alias knalpot dibikin lebih
plong. Bisa membobok saringan knalpot standar, atau adopsi knalpot
freeflow aftermarket. “Biasanya gue pakai knalpot AHRS F4. Trus, CDI-nya
diganti pakai Rextor Adjustable dan gir belakang diturunin 2 mata,”
tambah Kurok.
Hasilnya, selain horse power bisa terkerek 4-5 dk,
top speed dijamin melonjak banyak lantaran perbandingan final gear
diberatkan. “Tapi kalau mau lebih gede lagi powernya, kem ganti pakai
yang durasinya tinggi untuk harian,” ujarnya. Oh iya, tak lupa paking
blok maupun head kudu diganti pakai punya V-Ixion.
Pakai PE28 hasil bakal lebih maksimal (kiri). Untuk
karburator standar, spuyer dinaikkan 1 – 2 step sesuai permintaan mesin
(kanan).
Sementara bila paket bore-up piston 58 mm (155 cc)
yang dikehendaki dan ingin horse power mencapai 17 dk, boleh tiru
settingan yang diterapkan Suar, mekanik Bintang Racing Team (BRT) yang
bermarkas di Cibinong Jabar.
“Saluran masuk dan buang tetap mesti di-porting
polish. Lalu kem diganti punya V-Ixion. Dibarengi menukar per klep lebih
keras dikit. Bisa andalkan produk CLD. Lalu knalpot standar dibobok dan
karburator pakai Keihin PE28 dengan kombinasi spuyer 115/38 (main
jet/pilot jet),” beber Suar.
Pada sektor pengapian, CDI ditukar pakai BRT I-Max
20 Step. Lalu setelan klep in dibikin 0,13 mm. Sedang klep out 0,18 mm.
Lalu biar kinerja kopling gak mudah selip, per dan kampas kopling
diganti pakai produk BRT.
Cobain deh! (mobil.otomotifnet.com)
maaf copas dari http://agoey.wordpress.com/2011/04/06/upgrade-power-jupiter-mx-sampai-17-dk/
No comments:
Post a Comment